oleh

Akibat Abrasi Tanggul Goni Buatan Warga Pesisir Aceh Mulai Hancur Terkena Gelombang Laut

-Tak Berkategori-2.438 views

Jakarta, Geomaritimnews, – Tanggul yang terbuat dari karung goni untuk mencegah abrasi pantai  kini mulai hancur, dan saat gelombang tinggi air laut sudah sampai ke sebagian rumah warga, di kawasan Pantai Ujong Kalak, Gampong Pasir dan Suak Indra Puri di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

“Kerusakan tanggul di kawasan Ujong Kalak sudah terjadi Januari 2020 lalu akibat dihantam gelombang besar” ujar Basri Yasin Sekretaris Mukim Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Sabtu (25/4).

Sehingga menyebabkan goni-goni yang berisi pasir yang disusun rapi berjajar di pinggir pantai sebagai tanggul penahan ombak kini sudah mulai hancur, dan sebagian titik gelombang sudah sampai ke badan jalan.

Kondisi abrasi yang terus meluas itu butuh segera dilakukan penanganan, sehingga rumah-rumah warga nantinya bisa terselamatkan dari ancaman abrasi tersebut.

Sebab bukan hanya perumahan akan terkikis, akan tetapi badan jalan utama desa juga menjadi ancaman yang akan dikikis habis.

“Kita berharap kepada pemerintah untuk segera melakukan penanganan abrasi pantai di kawasan Ujong Kalak dan sekitar, sehingga tidak mengikis jalan dan perumahan warga yang berada di dekat pantai saat ini,” harap Basri Yasin.

Sementara kondisi badan jalan terus terjadi penumpukan pasir yang dibawa oleh gelombang yang juga menyebabkan terganggunya lalulintas.

Sehingga warga mengharapkan adanya penanganan dari pemerintah, agar pengikisan tidak meluas lagi nantinya.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.