oleh

Terjadi Aktivitas di Bawah Lempeng Eurasia, BMKG Laporkan Gempa Bermagnitudo 5.0 Guncang Selat Sunda

-Tak Berkategori-2.483 views

Jakarta, Geomaritimnews, –  Laut Indonesia kembali di guncang Gempa,  kali ini Gempa  berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah sekitar Selat Sunda pada Minggu (5/3).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi sekitar pukul 14.06 WIB. Titik gempa berlokasi sekitar 99 kilometer dari selatan Kota Agung, Kabupaten Tenggamus, Lampung, pada kedalaman 62 kilometer dari bawah laut.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter awal dengan magnitudo 5,3 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi 5,0 magnitudo,” tutur BMKG.

Menurut BMKG gempa pada Minggu sore itu merupakan jenis gempa bumi menengah dan tidak berpotensi tsunami. Gempa Selat Sunda ini terjadi akibat aktivitas di bawah Lempeng Eurasia dengan mekanisme sesar naik (thrust fault).

Sementara di ibu kota Lampung, Bandar Lampung di Munjul, Cijaku dan Natar getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.Guncangan gempa paling dirasakan di Kota Agung dan Punduk Pidada dengan skala III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan truk berlalu ). Begitu juga di Panimbang, Binuangeun, dan Malingping dengan skala II-III MMI.

BMKG menuturkan hingga kini belum ada laporan akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.