oleh

Sulit Melaut Karena Pendangkalan, Nelayan Kuala Cangkoi Pinta Agar Muaranya Dikeruk

Jakarta, Geomaritimnews, – Nelayan di kawasan pesisir Kualai Cangkoi, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara mengeluhkan dangkalnya muara Kuala Cangkoi menuju Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN). Dampaknya, kapal nelayan mengalami kesulitan saat pulang dan pergi melaut terutama saat air surut.

“Saat ini banyak boat dari nelayan tidak bisa masuk ke kuala karena masih dangkal. Selain itu pembangunan jetti juga belum tuntas,” ujar Panglima Laot Lapang, Hasan Tim, Jumat (8/5).

Hasan Tim mengatakan, terkait pengerukan kuala tersebut pihaknya telah menyampaikan kepada Bappeda Aceh Utara pada Maret lalu. Namun, hingga saat ini mereka belum melakukan pengecekan langsung ke lokasi.

“Akibat dangkalnya muara sungai, kami sangat sulit berlabuh ke TPI sehingga harus mengeluarkan biaya lagi untuk melansir hasil tangkapan dengan boat becak (boat kecil),” ujar Hasan.

Hasan juga berharap kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Utara dan Bupati Aceh Utara untuk lebih peduli dengan nasib para nelayan. Karena keberadaan kuala tersebut sangat penting bagi para nelayan untuk mencari demi untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Selain itu, dia menyebutkan untuk saat ini perluasan kuala itu sangat dibutuhkan oleh nelayan. “Dengan ini kita harap pada pemerintah pusat, provinsi, bahkan daerah agar membantu para nelayan disini,” pungkasnya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed