oleh

Diterpa Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Hingga 2,5 M , Puluhan Kapal Nelayan Pantai Timur Surabaya Hancur

Jakarta,Geomartimnews, –  Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur, wilayah Selat Madura akan terjadi angin kencang dan gelombang tinggi, lebih dari 2,5 meter.

Puluhan kapal nelayan rusak dan tenggelam akibat Gelombang tinggi  yang menerjang wilayah Cumpat, Kecamatan Bulak, di pantai timur Kota Surabaya, Jawa Timur, (Kamis, 12/11/2020).

Mustain, salah satu warga mengungkapkan, ombak disertai angin kencang mengempas batu dan tembok pembatas rumah warga. Sejumlah kapal yang tertambat di tepian juga terangkat dan berbenturan.

“Ada sekitar 30 kapal yang terseret. Tapi sebagian rusak karena berbenturan. Beberapa lainnya tenggelam,” ujarnya.

Menurut Mustain, para nelayan tak bisa melaut hingga beberapa hari ke depan. Sementara satu per satu warga meninggalkan kediamannya yang berada dekat pantai untuk menyelamatkan diri.

“Beberapa nelayan nekat berenang ke bibir pantai menyelamatkan kapal. Tapi upaya tersebu tidak berhasil sebab gelombang cukup tinggi dan angin kencang,” ungkap dia

Dia mengatakan, selain kapal rusak dan tenggelam, mesin kapal dan jaring ikan nelayan juga banyak yang hilang, hanyut terseret arus. Bahkan, beberapa tembok rumah warga juga retak.

“Hampir tiap tahun ini terjadi, tapi kali ini cukup besar,” imbuh Mustain.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed