oleh

KKP Tanam 50 Ribu Bibit Mangrove Demi Kembalikan Ekosistem Di Pesisir Lombok Barat

Jakarta, Geomaritimnews, – 50 ribu bibit mangroves ditanam kembali demi memulihkan kembali ekosistem mangrove di Desa Sekotong Tengah, wilayah pesisir Kabupaten Lombok Barat.

Pemulihan ekosistem mangrove merupakan upaya rehabilitasi yang menjadi prioritas program kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Bibit tersebut ditanam KKP melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL).

Melalui upaya tersebut Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono berharap rehabilitasi mangrove dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Program Padat Karya Penanaman Mangrove (PKM) yang dilakukan oleh KKP bertujuan mengatasi degradasi mangrove, sehingga ekosistem mangrove dapat pulih dan meningkatkan perekonomian di wilayah pesisir.

“Kegiatan penanaman mangrove ini menjadi salah satu upaya edukasi penyadartahuan tentang pemulihan ekosistem pesisir yang dapat diterapkan secara langsung, tidak hanya masyarakat bahkan siswa juga dapat praktek langsung,” ujar Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Tb. Haeru Rahayu.

Penanaman 50 ribu bibit mangrove jenis Rhizophora Mucronata dilaksanakan bersama kelompok masyarakat sadar wisata Tanjung Batu dan masyarakat sekitar di Desa Sekotong Tengah, Kecamatan Sekotong, di lahan seluas 10 hektar. Kegiatan ini melibatkan 60 orang pekerja dengan 423 jumlah Hari Orang Kerja (HOK).

\Tahun ini KKP tengah gencar pada program rehabilitasi mangrove.  Kegiatan rehabilitasi akan dilaksanakan di 22 Lokasi yang tersebar di wilayah pesisir Indonesia.

“Selain mendorong pemulihan ekonomi dan ekosistem mangrove, tujuan lainnya agar masyarakat lebih memiliki kepedulian terhadap kondisi mangrove, karena keterlibatan masyarakat sangat penting bagi terlaksananya program ini,” kata Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Muhammad Yusuf Yusuf.

Sebagian besar wilayah pesisir dan lautan berada dalam kondisi terdegradasi, karena pemanfaatan yang tidak ramah lingkungan serta konversi lahan menjadi peruntukkan yang baru. Berbagai aktivitas di wilayah darat maupun aktivitas di laut juga menyebabkan menurunnya kondisi ekosistem mangrove. Salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat adalah melakukan upaya rehabilitasi.

Kegiatan rehabilitasi mangrove pada kegiatan padat karya ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar sehingga ekosistem mangrove semakin terjaga kelestariannya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed