oleh

Bakamla Dan KKP Gelar Patroli Bersama Cegah Pencurian Ikan

Jakarta, Geomaritimnews, – Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya Aan Kurnia mengatakan pihaknya dan  Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) bakal menggelar patroli bersama guna mencegah pencurian ikan.

Hal tersebut disampaikan  Laksamana AAn saat bertemu Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono di Kantor KKP, Jakarta,

“Bakamla RI akan melakukan patroli bersama dengan kementerian/lembaga yang memiliki kapal patroli termasuk dengan kapal patroli KKP. Salah satu sasaran patroli tentu terkait dengan (pencurian) perikanan,” kata Aan dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

Selain itu, Aan menyambut baik aturan dan kebijakan KKP yang sejalan dengan tugas Bakamla RI. Adapun kebijakan KKP yakni, penguatan pengawasan di laut dengan menerapkan kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota.

Hal ini untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan menjaga ekosistem laut tetap terjaga. Melalui program ini, penangkapan ikan diatur dalam sistem kuota sesuai zona penangkapan.

“Saya siap mendukung kebijakan ini, karena sejalan dengan tupoksi Bakamla RI sesuai UU Nomor 32 Tahun 2014 dan diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2022,” tambah aan.

Sebagai informasi, UU Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan. Sementara, PP Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum di Wilayah Perairan Indonesia dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed