oleh

Nelayan Pangandaran Lakukan Upacara Pengibaran Bendera Sebelum Melaut

Jakarta,Geomaritimnews, – Pada Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Republik Indonesia (RI) jatuh pada Senin, 17 Agustus 2020. Puluhan nelayan di Pangandaran melaksanakan upacara bersama calon Wakil Bupati Pangandaran, H Ujang Endin Indriawan sebagai pembina di Pantai Madasari Cimerak, Senin 17 Agustus 2020.

Kordinator penyelenggara perwakilan dari nelayan Pantai Madasari, Uhandi (65) mengatakan kegiatan yang dilakukannya dengan cara yang sangat sederhana.

“Hari ini dan insya Allah ke depan juga, kami para nelayan bisa bebas melaut mencari ikan berkat perjuangan para pahlawan kita,” ungkapnya.

Upacara ini, kata dia, sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang telah berkorban untuk merebut kemerdekaan.

Diungkapkan Uhandi, para nelayan sebelum beraktivitas melaut sengaja melaksanakan upacara terlebih dahulu.

Karena sangat akrab dengan calon wakil Bupati H Ujang Endin Indriawan, para nelayan pun mengundangnya untuk hadir sekaligus menjadi pembina upacara.

Sementara itu, Ujang Endin Indriawan mengaku kegiatan ini diluar perkiraannya dan sangat terharu dengan semangat nasionalisme para nelayan khususnya di pantai Madasari.

“Jujur, saya sangat terharu sekaligus malu menyaksikan begitu kuat dan besarnya semangat nasionalisme para nelayan ini,” ujarnya.

Ujang Endin mengatakan, kegiatan para nelayan pada peringatan 17 Agustus ini harusnya memberi pelajaran penting untuk para elit politisi dan pejabat tinggi agar tidak lupa berjuang memakmurkan warganya.

“Nelayan Pangandaran luar biasa. Seharusnya sudah berada di tengah laut mencari ikan, namun masih mengingat perjuangan para pahlawan,” ujar Ujang Endin.

“Saya bangga dengan kerja keras nelayan di Kabupaten Pangandaran khususnya di Madasari,” tambahnya.

Setelah upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Ujang Endin memberikan satu ekor ikan tongkol besar sekira 10 Kg secara simbolis kepada nelayan.*

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed