oleh

Peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional, Demi Wujudkan Transit Cepat Global Jaringan

Jakarta, Geomaritimnews, – Hari ini Tanggal 7 Desember 2020, adalah hari peringatan Penerbangan Sipil Internasional.

Hal tersebut didasarkan pada keputusan Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1996, atas inisiatif Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), yang menetapkan setiap tanggal 7 Desember sebagai hari Penerbangan Sipil Internasional.

Sebelumnya, ICAO sudah menetapkan Hari Penerbangan Sipil Internasional sejak tahun 1994 untuk memperingati 50 tahun berdirinya organisasi tersebut.

Tujuan dari Hari Penerbangan Sipil Internasional adalah untuk membantu membangkitkan dan memperkuat kesadaran dunia akan pentingnya penerbangan sipil internasional bagi perkembangan sosial dan ekonomi negara.

Tujuan lainnya adalah untuk memberitahukan peran unik ICAO dalam membantu negara untuk bekerja sama dan mewujudkan transit cepat yang benar-benar global jaringan pada layanan semua umat manusia.

Setiap lima tahun sekali, bertepatan dengan peringatan ICAO, Dewan ICAO akan menetapkan tema peringatan khusus untuk Hari Penerbangan Sipil Internasional.

Latar Belakang Peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional

International Civil Aviation Organization (ICAO) didirikan pada 7 Desember 1944, untuk mengamankan kerja sama dan keseragaman internasional dalam masalah penerbangan sipil.

Perjanjian Transit Layanan Internasional dan Perjanjian Transportasi Udara Internasional juga telah ditandatangani.

Pada 1994 ICAO mendirikan Hari Penerbangan Sipil Internasional untuk menandai peringatan 50 tahun organisasi.

Hal ini bertujuan untuk menghasilkan dan memperkuat kesadaran global akan pentingnya penerbangan sipil internasional dalam pembangunan sosial dan ekonomi.

Hari itu juga memperingati peran ICAO dalam mempromosikan keselamatan, efisiensi, dan keteraturan transportasi udara internasional.

Pada tahun 1996 Majelis Umum PBB mengumumkan 7 Desember sebagai Hari Penerbangan Sipil Internasional, sesuai dengan inisiatif ICAO dan dengan bantuan Pemerintah Kanada.

Majelis mendesak pemerintah dan organisasi untuk merayakan Hari Penerbangan Sipil Internasional.

Kini, Hari Penerbangan Sipil Internasional menjadi hari resmi PBB.

ICAO adalah badan PBB yang bekerja erat dengan anggota PBB lainnya termasuk Organisasi Meteorologi Dunia, International Telecommunication Union, Universal Postal Union, Organisasi Kesehatan Dunia dan Organisasi Maritim Internasional.

ICAO bekerja dengan 193 Negara Anggota dan kelompok industri Konvensi untuk mencapai konsensus tentang Standar penerbangan sipil internasional dan Praktik yang Disarankan (SARP).

Hal lainnya adalah untuk mencapai kebijakan dalam mendukung sektor penerbangan sipil yang aman, efisien, aman, berkelanjutan secara ekonomi dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

SARP dan kebijakan ini digunakan oleh Negara-negara Anggota ICAO untuk memastikan bahwa operasi dan peraturan penerbangan sipil lokal mereka sesuai dengan norma-norma global.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed